Sunday, 19 November 2017

Gas LPG Membeku? Ini Jawaban Secara Termodinamika

Diambil dari penghemat BBM.org
Jawaban menarik muncul jika saya mencari "gas LPG membeku" pada google. Jawaban-jawaban itu berada dari blog, saya telaah dan pelajari. Sehingga saya juga lebih paham perihal ini.

Jawabannya ada yang logis, dan ada pula tidak logis. Ada yang gamblang, ada yang kurang jelas. Yang tidak logis, misalnya tabung gas yang berembun disebabkan kebocoran selang. Apa hubungannya?

Sudah saya jelaskan di postingan saya yang dahulu mengenai Mengapa tabung gas elpiji membeku saat api terlalu besar. Ketertarikan saya berawal dari ketika menjadi juru masak di salah satu rumah makan di Kota Malang.

Tambah Ilmu Tentang Termodinamika.
Salah satu bahasan Fisika-Kimia adalah Termodinamika. Berdasar terminologi, saat diartikan sebagai dinamika suhu. Salah satu tulisan yang menarik adalah allancipta.blogspot.co.id. Tulisan ini membuka pemahaman budaya bahwa pembekuan gas LPG dipengaruhi faktor Termodinamika.

Sifat perubahan fase dari gas ke cair, atau bahkan dari cair ke padat merupakan reaksi endotermik. Reaksi endotermik adalah reaksi yang membutuhkan energi panas ke dalam sistem.  Hukum ini berlaku sebaliknya, perubahan padat ke cair ke gas adalah reaksi eksotermik.

Sayangnya Allancipta tidak menjelaskan mengapa terjadi perubahan fase dari gas ke cair. Artikel tersebut menjelaskan bahwa LPG disimpan dalam fase cair, ketika dialirkan menggunakan selang akan berubah fase menjadi gas.

Alan cipta menggambarkan bahwa LPG adalah sistem, sedangkan tabung LPG adalah besi. Sehingga ada efek domino, untuk mengubah fase cair menjadi fase gas diperlukan panas, panas diperoleh dari tabung sehingga tabung turun suhunya. Penurunan suhu tabung menyebabkan udara disekitar tabung mengembun.

Kesimpulannya, penurunan suhu tabung disebabkan perubahan cair menjadi gas.

Karena saya bukan jurusan Kimia atau Fisika. Saya belum dapat membenarkan, atau menyalahkan. Tetapi jawabannya logis.

Pengalaman saya, LPG 3 Kg yag dipasang regulator yang besar (seperti milik pedagang nasi goreng) diatur api besar pada waktu yang lama, tidak hanya mengembunkan uap air, bahkan membekukannya.

Sayangnya, apabila penurunan suhu itu akibat efek domino penggunaan suhu oleh istem dari lingkungan, mengapa terjadi pembekuan uap air pada tabung  LPG pada sisi bawah aja?

Logikanya, jika tabung adalah lingkungan yang terserap panasnya, penurunan suhu akan merata pada semua sisi tabung.

Pada sisi ini saya lebih setuju dengan konsep PV = n.R.T yang saya tawarkan sebelumnya.

Gas LPG saling berdesakan sehingga terjadi tekanan ke arah bawah tabung. Tekanan ini menyebabkan penurunan suhu pada tabung. Akibatnya mengakibatkan gas di dalam juga berubah dari fase gas-cair menjadi fase cair-padat. Akibatnya, jika terjadi pembekuan pada uap air di luar tabung.  Api akan mengecil. Itu adalah suatu tanda semakin sedikit LPG dalam fase gas.

Apakah pernah ada Kasus LPG meledak gara-gara penurunan suhu ini?
Share ya.

Thursday, 19 October 2017

Sunday, 8 October 2017

6 Fakta Penggunaan Istilah Saracen Di Masa Lalu

Seiring berjalannya waktu, banyak istilah muncul dari yang berakhiran  isme, -is dan lain sebagainya.

Tidak semua istilah itu cocok dengan makna aslinya. Saya tertarik dengan tulisan direktur Liga bergerakFuad Ramadhan yang menulis tentang kesalah-kaprahan label-label yang ditempatkan pada kelompok-kelompok Islam. Tulisan itu menginspirasi saya untuk tulisan ini.

Salah kaprah ini sudah menjadi tren, bahkan kalangan akademisi pun ikut-ikutan menggunakan istilah itu. Contoh saja isilah tentara ISIS yang melabelkan diri dengan istilah "mujahidin" atau "jihadist", padahal istilah "mujahidin" sangat bagus dan bernilai positif dalam islam, sedangkan istilah "mujahidin" sekarang disematkan pada kelompok yang melakukan tindakan teror yang tidak berperikemanusiaan. Relevan kah?

Nah, sekarang akan membahas istilah "Saracen" yang dijadikan nama pada kelompok atau sindikat bisnis ujaran kebencian. Istilah dan perilaku mereka tentu tidak cocok, karena jauh meleset pada akar katanya, seperti halnya kata "Mujahidin" itu tadi. Berikut adalah 6 fakta istilah Saracen!

#1 Saracen Berasal dari Kata "Syarq" (شرق) yang berarti Timur
Adakah yang salah dengan kata "timur"? tentu saja tidak. Timur dalam Bahasa Yunani Ασία (dibaca Asia) sehingga keluar istilah Asia sekarang untuk menunjukkan benua yang berada di sisi timur, lihat penjelasan Channel Name Explain berjudul "How did The Continent Get Their Name?". Selain itu menurut Wikipedia nama Asia pertamakali dicoba Herodotus (440 SM) untuk menunjukkan daerah pada Asia kecil, atau menggambarkan perang Persia. Sedangkan "Saracen" kata diduga diadobsi dari kata syarqiyyin (شرقيين) yang berarti orang-orang timur.

#2 Saracen Adalah Sebutan bagi Orang yang Tinggal di Semenanjung Sinai
Saracen adalah istilah yang muncul paling pada abad klasik sampai abad ke-3. Orang-orang barat dulu mengidentifikasi suku-suku yang tinggal di Semenanjung Sinai sebagai Saracen.

#3 Sebutan Barat untuk Orang Arab Petraea
Selama penguasaan Imperium Romawi terhadap dunia barat, istilah "Saracen" diklasifikasikan kepada orang yang tinggal di kawasan gurun (daerah minim tumbuhan) di Propinsi Patraea dan sekitarnya.  Kawasan Petraea  terletak di timur laut jazirah arab, yang dibedakan dengan suku dari Arab. Berikutnya nama "Saracen" berkembang menjadi sebutan untuk bangsa-bangsa Arab.
Provinsi Petraea, Imperium Romawi Abad Pertengahan, (diambil di Wikipedia)


#4 Penegasan Istilah; Saracen= Muslim
Selama perang salib berlangsung, istilah "Saracen" berkembang lagi menjadi istilah yang ditujukan kepada Arab dan Muslim. Istilah ini disebarkan ke orang-orang barat oleh orang Romawi Timur (Byzantium) dan tentara salib. Mereka memberikan label "Saracen" kepada mereka yang melakukan perlawanan terhadap tentara salib, dalam hal ini adalah orang muslim itu sendiri. Meski, muslim sendiri tidak hanya satu golongan (dalam politik) ada saat perang salib, tapi "Saracen" menjadi istilah yang tebang rata pada semua muslim.


#5 Saracen Berkonotasi Negatif bagi Orang Barat
Efek dari pergeseran makna tersebut, "Saracen" menjadi stempel negatif bagi orang barat. Perang salib menarungkan barat yang Kristen dengan Timur yang Islam telah menjadi luka tersendiri bagi masing-masing pihak. Warisan luka perang itu salah satunya ialah istilah "Saracen".

#6 Saracen Istilah SARA yang Digunakan oleh Barat
Sebenarnya sudah terlihat di atas bahwa "Saracen" dilabelkan kepada suku dan agama. Lebih jauh lagi, dalam literatur sastra abad pertengahan, klasifikasi "Saracen" ditujukkan kepada muslim yang kulitnya cenderung hitam. Literatur sastra ini diantaranya adalah "The King of Tar" dalam bentuk roman dan "Chason de Roland" yah berbentuk puisi.

Bagaimana menurutmu? Apakah istilah  Saracen itu layak digunakan nama sindikat ujaran kebencian? Tentu saja tidak, Saracen Ada adalah untuk muslim.

Dengan tertangkapnya sindikat bernama "saracen" tersebut, saya berharap, istilah "Saracen" tidak menjadi kata yang berkonotasi negatif oleh bangsa ini. Kita gak usah lah ikut-ikutan orang barat yang mengkonotasikan negatif istilah itu, karena mereka punya sejarah sendiri.

Dulu "Saracen" yang muslim menjadi musuh barat. Sekarang, untuk menyebut kelompok yang ditangkap kemaren, sebut saja "Sindikat Saracen" untuk membedakan dengan istilah "Saracen" dengan makna sebenarnya.

Jadi, kesimpulannya istilah "Saracen" itu baik sedangkan "Sindikat Saracen" kriminal.

Friday, 6 October 2017

9 Alasan Biologi Menjadi Pelajaran Paling Favorit di Sekolah

Gambar; siswa belajar Biologi diambil dari Blogbiologiku.wordpress.com


Pelajaran yang paling disukai menurut Zenius.net adalah pelajaran matematika. Meski begitu, Biologi adalah pelajaran yang panggilan disukai nomer 3 setelah matematika dan Bahasa Inggris

Berikut 9 Alasan mengapa Biologi disukai oleh kalangan siswa-siswi di sekolah sebagaimana yang ditanyakan Yahoo Answer dan beberapa blog di Google.

#1 Menarik
Menurut KBBI Online "menarik" (kata kerja) berarti menyenangkan (menghilangkan, menyukakan hati karena indahnya, cantiknya, bagusnya, dan sebagainya), selain itu "menarik" juga berarti membangkitkan kasih sayang (sayang, suka, ingin, dan sebagainya). Biologi dikatakan menarik karena bisa menyebabkan suka untuk belajar Biologi.

#2 Nyata
Semua ilmu Sains pasti empiris baik dari rumpun ilmu alam maupun ilmu sosial. Rumpun ilmu alam yang tidak terlalu abstrak ya Biologi. Biologi jangkauannya paling kecil tentang sel, dan paling besar tentang Biosfer. Coba dibandingkan dengan pelajaran IPA lain. Pelajaran Kimia jangkauannya terlalu abstrak karena objeknya terlalu kecil, seperti atom dan molekul. Sedangkan Fisika jangkauannya terlalu luas, dari yang kecil dan tidak bisa dilihat seperti gelombang, partikel, gravitasi hingga galaksi untuk bahasan baling besar.

#3 Belajar tentang diri sendiri
Biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup, karena manusia makhluk hidup, maka manusia tidak lepas dari objek kajian Biologi. Penyakit  sehari-hari contohnya, Penyakit tipus penyebabnya bakteri Salmonella Thyposa, kanker disebabkan oleh apoptosis del, AIDS disebabkan oleh HIV dan lain sebagainya.

#4 Linear dengan profesi yang dicita-citakan
Pelajaran Biologi paling berhubungan dengan profesi idaman. Siapa dari kalian pengen jadi dokter pada waktu masih anak-anak? Bagi yang bercita-cita jadi dokter, pasti kalian suka dengan pelajaran Biologi. Selain itu, bagi siswa yang menginginkan profesi yang serumpun dengan Biologi, seperti kesehatan (kebidanan, farmasi, keperawatan), pertanian (agribisnis dan agronomi) peternakan, dan kehutanan akan tertarik untuk belajar Biologi.

#5 Menantang
Belajar Biologi itu memang gampang-gampang  susah. Kalian harus menguasai pelajaran dasar lain seperti Matematika, Kimia, dan Fisika. Kalian akan menjumpai konsep-konsep matematika pada hukum Hardy-Weinberg untuk menghitung Frekuensi alel dan frekuensi genotipe pada populasi tertentu. Belajar Biologi juga akan sering bersinggungan dengan Kimia hampir pada semua materi, terutama yang berkaitan dengan sel, virus, bakteri, protista, hingga berbagai penyebab penyakit. Seperti konsep Regulasi Gen ini sangat kental dengan nuansa Kimia, bagi yang tidak faham dasar pelajaran Kimia, mungkin akan kesulitan.

#6 Membuat Orang Pandai Bersyukur
Semua pelajaran pasti berkaitan  dengan kehidupan sehari-hari lhoo 😅😅Tidak ada pelajaran yang tidak tidak ada manfaat dan hikmah yang  e bisa dipetik. Kalau tidak ada  manfaat dan hikmahnya, berarti kalian belum menemukannya. Biologi paling membuat bersyukur dan sadar bahwa sehat itu mahal, bersyukur dilahirkan di Indonesia, bersyukur tanah subur, bersyukur udara masih segar dan banyak kenikmatan yang diingatkan oleh Biologi.

#7 Membuat Penasaran
Biologi memang menyimpan banyak misteri yang tersembunyi. Misalnya kalian bertanya bagaimana cara lebah berkomunikasi dalam mendapatkan makanan? Hal-hal yang sepertinya sepele bisa jadi menarik jika dilihat dari sudut pandang Biologi

#8 Seru
Pelajaran Biologi itu paling seru apabila ada yang dipraktekkan. Jangan mikir yang aneh-aneh ya... Misalnya saja Materi Ekosistem akan seru kalo terjun ke lapangan langsung, apalagi kalau menemukan berbagai jenis jamur, hewan, atau tumbuhan-tumbuhan. misalnya saja kalian belajar Tumbuhan, kalian akan dapat mengidentifikasi apakah itu termasuk tumbuhan lumut, tumbuha paku, tumbuhan dikotil, atau tumbuhan monokotil.

#9 Mudah
Alasan ini menjadi faktor utama sebagian besar siswa kelas XII memilih pelajaran Biologi. Tetapi jangan disepelekan, justru karena menganggap Biologi pelajaran yang mudah, Pak Darwono, seorang guru di Jakarta menulis artikel di Kompasiana menyatakan bahwa anggapan itu membuat siswa kesulitan terutama pada soal yang sifatnya aplikasi dan analisis. Secara umum, siswa kurang mendalam tentang konsep-konsep Biologi dan menganggap bahwa Biologi hanya pelajaran yang menghafal. Jadi blunder untuk diri sendiri kan hasilnya karena komposisi materi ujian Nasional hanya 25% untuk hafalan dan pemahaman. Sedangkan komposisi aplikasi 50% dan analisis 25%.

Bagaimana menurut kalian? Masih tidak suka pelajaran Biologi? 😁😁 Bagi yang tidak suka saya sarankan buat baca Tips dan Trik Belajar Biologi. Salam sukses!


Thursday, 5 October 2017

Tips dan Trik Belajar Biologi

Pohon Kehidupan Ernst Haeckel (diambil dari Wikipedia)

Belajar Biologi memang menyenangkan bagi sebagian siswa, tapi sebagian siswa lan merasa kesulitan. Kamu termasuk yang mana gaes? Jika kamu termasuk sebagian yag kesulitan belajar Biologi, ada tips mendasar yang harus kamu lakukan. Apa itu saja itu?

Sebelum dijelaskan lebih detail, saya mau menerima kebebasan kalian buat mau mengikutinya atau tidak. Karena pola belajar tiap siswa berbeda gaes. Ada siswa yang bisa  paham jika belajar dengan membaca teks saja, sebagian lagi ada siswa yang belajar dengan mengandalkan pendengaran (audio) ada yang mengandalkan penglihatan (visual), dan ada pula yang menggabungkan keduanya (audiovisual). Kalau kau bagaimana?

Oke, tips dan trik belajar Biologi akan admin bagi pada sekarang.

  1. Cintai Pelajaran Biologi. Pepatah Perancis mengatakan "Witing tresna jalaran saka rupa" eh, salah. "Witing tresna jalaran saka kulina" artinya kalau sudah terbiasa, akan jadi cinta. Kalau sudah cinta, akan terbiasa. Misalnya saja kalau kamu naksir saka si Doi, kamu bakal nyari tahu semua tentang dia 😅😅. Begitu juga kalau kau naksir Biologi, kau bakal kepo tentang Biologi.
  2. Fokus pada konsep, bukan detail. Bagi temen-temen yang menganggap Biologi adalah hapalan disebabkan karena teman-teman berfokus pada detail. Buka pada konsep. Misalnya ya, teman-teman mau pergi ke Surabaya, dari Bojonegoro. Akan sulit sekali teman2 hapalkan seluruh nama jalan yang teman lewati. Tapi teman-teman cukup berpatokan bahwa, Surabaya itu letaknya di sebelah timur Bojonegoro, yang harus teman-teman lakukan ada melakukan perjalanan ke Timur. Jangan jalan ke barat! Mau ngikutin Sun Go Kong? 😅😅
  3. Hubungkan dengan bahasa. Bagi kalian yang suka dengan pelajaran Bahasa Asing, belajar Biologi dengan tips ini akan mudah, dan kata-kata yang kau pahami akan kau gunakan terus menerus. Misalnya, istilah untuk menyebut kelompok Bivalvia (Kelompok kerang-kerangan), berasal dari kata bi= dua Valve= cangkang. Jika kamu menemukan istilah lain, misalnya bipedal. Kamu sudah tau artinya bi, dan arti pedal=podos=kaki. Jadi kesimpulannya, bipedal adalah...... (Tau sendiri kan?) Kalau tidak tahu, tanya di komentar. Sekarang PRnya sekarang, apa arti dari dari Gastropoda?
  4. Membuat peta pikiran. Peta pikiran adalah gambaran umum hubungan-hubungan antar istilah, konsep, dan kata kunci. Membuat peta pikiran cara cara belajar untuk mengasah pemahaman yang telah diperoleh dari pembelajaran.
  5. Membuat jembatan keledai. Jembatan keledai ada cara yang paling sering digunakan untuk belajar Biologi. Misalnya tahap Meiosis II pada tahap profase, dibagi menjadi Leptoten, Zygoten, Pakiten, Diploten, dan Diakinesis. Yang disingkat menjadi Lezy Pak Didik.
  6. Dipaksa 😅. "Witing tresna jalaran saka kulina, witing kulina jalaran saka dipaksa". 😅 Udah, gitu aja tips terakhir.
Nah, itu tips belajar Biologi, bagaimana menurut kamu?

Silakan bertanya, lewat komentar dibawah. Malu bertanya? pake Google Map aja, enggak nyasar kok. 😁 Silahkan berkomentar juga, kalau tidak setuju. 

Jika informasi  ini membantu kamu untuk belajar Biologi, jangan lupa di-share ke teman kau ya, tinggal klik di bawah ini kok😊😊👇👇

Tuesday, 15 August 2017

Kesan terhadap film "Kimi No Na Wa" Dan "Tomorrow I Will Date with Tomorrow's You

Efek Doraemon
Itu yang aku katakan. Konflik film Jepang ini sangat aneh menurutku. Sedikit mirip dengan Doraemon, namun masalah dalam film lebih "tewur" saudara.
Keduanya sama sama memiliki masalah utama terbesar yaitu waktu. Mirip dengan Doraemon, tokoh cerita datang dari masa depan. Tapi yang bikin gk kayak Doraemon, alurnya yang campur baur dan seolah memainkan waktu.
Sumber Gambar Wikipedia

Film Kimi No Na Was menceritakan tentang dua orang yang saling bergantian jiwa. Taki, seorang anak laki-laki, hidup dan sekolah SMA di Tokyo,  berganti roh dengan mitsuha, yanng berasal dari prefektur pinggiran. Yang bikin kepala bingung, ternyata mereka bertukar pada waktu yang berbeda. Saat taki bertukar jiwa, Mitsuha udah mati karena terjadi meteor yang berasal dari komet Halley menghancurkan kotanya.

Yah, tonton dah yang belum. Romantis, kompleks masalahnya.

Film ini lebih sulit lagi nalarnya judul aslinya "Boku wa ashita, Kinou no Kimi deeto suru" Kalau diterjemahkan Bahasa Indonesia, Aku besuk akan kencan dengan kamu yang kemaren. Bingung kan?
Tonton aja film-nya. Pasti bingung.😅😅

Yang aku salut dengan sastrawan Jepang. Kenapa mereka terobsesi dengan waktu ya, andaikan waktu itu bisa diatur. Dan bisa berbalik, gini gitu, bisa loncat antar waktu.
Entahlah

Waktu itu memang makhluk Allah yang sangat misterius. Kita bisa merasa, tapi tidak bisa mengubah, bahkan menyentuh sekalipun.

Pokok Mantap dah👍👍

Thursday, 8 June 2017

Gas LPG Anda Membeku Saat Api Terlalu Besar?

Sumber Gambar Tokopedia

Sebenarnya ini pertanyaan pribadi sekian lama sejak masuk kerja di rumah makan. Ada yang aneh, mengapa gas elpiji dapat membekukan udara sekitar, sehingga timbul kristal es pada dinding besi bagian luarnya.

Aku berfikir sekian lama mengenai masalah ini, memang aku tidak begitu ahli dalam bidang Fisika dan Kimia, karena itu bukan bidang saya di perkuliahan. Tetapi setidaknya aku punya bekal dan dasar di SMA. Lagi pula, di perkuliahan aku mendapat Mata Kuliah Fisika untuk Biologi dan Kimia untuk Biologi. Seharusnya bekal awal ini mampu untuk menjawab pertanyaan seputar kehidupan sehari-hari.

Aku paham sedikit tentang hubungan tekanan dan suhu. Materi ini masuk pada bab gas ideal pada Fisika, sayangnya aku lupa materi ini masuk bab apa pada pelajaran Kimia. Materi "Gas ideal" menjelaskan bahwa tekanan (P) berbanding terbalik dengan suhu (T). Terbukti dengan rumus P.V=n.R.T yang mana P adalah tekanan mutlak pada gas, V adalah volume, n adalah jumlah patikel pada gas dalam satuan mol dan T adalah temperatur dalam satuan kelvin. Sedangkan R adalaj konstanta gas ideal yaitu 0,08205 atm/mol K.

Jadi penurunan suhu pada permukaan bawah elpiji disebabkan karena tekanan gas yang besar ke arah bawah.

Pertanyaan besar, mengapa ada tekanan gas ke bawah sedangkan sebenarnya kan kita memaksa gas keluar ke arah atas gas elpiji?

Jawabannya, gas merupakan wujud zat yang paling mudah bergerak karena partikelnya sangat berjauhan. Mengeluarkan sebagian gas dalam tabung elpiji itu sama saja kita memberi ruang gerak pada gas sehingga gas dapat keluar. Di saat gas keluar, gas tersebut saling berdesakan dan juga memberikan tekanan ke arah perlawanan. Anggap saja seperti balon yang berisi gas kemudian anda lepas ikatan lubang di ujungnya. Dia akan terbang ke arah yang berlawanan dengan arah keluarnya gas. Begitu pula gas elpiji yang dibuka krannya secara besar besaran, maka akan memberikan tekanan yang besar pula pada sisi bawah elpiji. Akibatnya, sisi bawah elpiji suhunya turun drastis, sesuai prinsip PV=nRT.

Ada pula pendapat kritis saya serta hubungannya dengan reaksi eksotermik dan endotermik. Dan ada jawaban di Google yang kurang masuk akal. Baca ya.

Sekian penjelasan saya, mohon maaf jika salah. silahkan dikoreksi. Mari belajar bersama.

Baca penjelasan lebih lanjut

Sunday, 25 September 2016

Hubungan Ideal Manusia-Alam; Titik Temu antar Aspek Kehidupan

Hubungan antara manusia dengan alam sudah dimulai sejak dulu kala. Sejak Adam (hendak) diciptakan. Hubungan itu masih berlanjut hingga sekarang. Hingga alam rusak. Seperti yang dikhawatirkan malaikat ketika Allah hendak menciptakan manusia.

Manusia lupa, hubungan dengan alam hanya pada wilayah praksis saja. Asal sudah membuang sampah pada tempatnya, merasa sudah menjaga alam keseluruhan. Tentu, percaya diri ini boleh, asal tidak berlebihan. Hanya saja, perlu kesadaran lebih bahwa hubungan manusia-alam tidak hanya prasis membuang sampah. Tetapi perlu kesadaran menyeluruh mencakup spiritual, emosional, dan intelektual.

Saya ingat cerita Nabi Ibrahim ketika mencari Tuhan melalui alam, inilah sisi spiritual. Beliau Alaihi salam ternyata dapat menemukan Tuhan dibalik alam. Pencarian melalui akal yang beliau lakukan tidak memberi jawaban yang memuaskan. Bagaimana tidak, bintang yang beliau kira "Tuhan" masih kalah besar dengan rembulan, rembulan pun masih kalah terang cahayanya dibandingkan matahari. Tetapi semua benda langit itu tenggelam, dan "Tuhan" tidak mungkin tenggelam. Maka, beliau Alaihi salam menyerah diri pada Tuhan (Dzat) yang menciptakan langit dan bumi.
اني وجهت وجهي للذي فطر السموات والارض حنيفا مسلما وانا اوّل المسلمين
Kalimat ini yang kita abadikan di setiap sholat kita sebelum membaca Al-fatihah.

Saya rindu keadaan masa kecilku di desa, emosional dengan alam begitu terasa. Hidup harmonis dengan alam, bahkan sapi pun dapat di ajak untuk berjuang bersama dalam mengolah sawah. Cinta alam itu menyejukkan. Imam Al-Ghazali pun menyarankan untuk melihat pemandangan hijau untuk menyegarkan pikiran. Adakah yang lebih hijau dari tumbuhan kala itu? Tumbuhan dapat menghilangkan rasa stress. Bagaimana? Oksigen yang diproduksi tumbuhan menyuplai persediaan kebutuhan otak kita.
Pelatihan Pemberdayaan Lingkungan kepada ibu-ibu PKK termasuk bagian dari kesadaran intelektual. Jika sudah memiliki kesadaran spiritual dan emosional dengan alam berarti sudah lengkap hubungan manusia (individu)-alam.

Terakhir adalah kesadaran intelektual terhadap alam. Bagaimana hubungannya? Tentu kita tidak dapat melestarikan alam tanpa ilmu pengetahuan. Itulah mengapa manusia harus terus belajar untuk selalu memberdayakan akalnya untuk mencari inovasi pelestarian alam.

Inovasi-inovasi lah yang terus dikembangkan melalui research ilmiah. Tanpa adanya research, bagaimana kita tahu bahwa kegiatan kita itu dapat melestarikan alam?

Akhir kata, alam itu kaya. Alam itu memberikan kebutuhan kita. Alam sumber ekplorasi untuk kecerdasan manusia dari spiritual, emosional dan intelektual.


Sunday, 18 September 2016

Vertikultur Bethek; Murah , Meriah, Mudah dan Sehat (M3S)

Vertikultur sederhana di depan salah satu warung makan di Jl. Mayjend Panjaitan gang 18
Kata siapa vertikultur itu mahal? Tidak. Gambar di atas memperlihatkan vertikultur di depan salah satu warung makan di Kelurahan Penanggungan Kecamatan Klojen Kota Malang. Bahannya sangat sederhana denga menggunakan talang atau sisa talang. Berapa sih harga talang satu meter? Total kebutuhan tidak sampai satu juta lah, mencakup paku beberapa biji, bibit tanaman, dan pupuk organik. Untuk  tanah, ngambil aja di lapangan.

Vertikultur itu tidak membosankan lho. Dalam satu wadah diatas misalnya, dapat diisi dengan berbagai tanaman yang Anda sukai. Sehingga ramai tumbuhan dalam satu pot itu. Tapi harus di perhatikan jarak antar tanaman. Terlalu dekat akan menyebabkan tingginya kompetisi antar tanaman untuk memperoleh nutrisi.

Talang tersebut di tempelkan di tembok dengan batuan paku ditata sedemikian rupa sehingga cantik sekaligus tidak banyak memakan tempat. Setelah instalansi siap, masukkan tanah yang telah dicampur pupuk organik, setelah itu  di tancapi bibit yang sudah ada. Mudah kan? Untuk lebih mudah dalam menyiram, beri paralon kecil dan disambungkan dengan botoh bekas. Nanti botol saja yang diisi dengan air. Untuk contohnya lain kali kami posting. Hehehe

Manfaat vertikultur, para petaninya dapat memilih untuk menjadi lebih sehat. Mengapa? Vertikultur mengajarkan untuk tanpa pestisida sehingga konsumen pun sehat. Selain itu, tanaman bisa menghilangkan stress. Seperti yang di anjurkan Imam Al-Ghazali bahwa melihat warna hijau dapat menjernihkan dan menenangkan pikiran Anda.

Selamat mencoba dan salam sehat
Wassalam

Nama-Nama Indah dalam Kitab Maulid Ad-Diba'i (مولد الديبعي)


Orang Indonesia cenderung menamai anaknya dengan bahasa Arab, harapan dari nama tersebut adalah doa. Berikut adalah nama yang bisa jadi disematkan untuk anak Anda. Selain memiliki fungsi sebagai doa. Nama dibawah ini juga menunjukkan kepada pribadi muslim yang luar biasa.

Muslim di Indonesia sudah dikenalkan dengan budaya Maulid Nabi Muhammad. Kitab Maulid pun tersebar dari maulid Syarif Anam hingga Maulid simthuth duror. Salah satu yang sering dibaca dalam masyarakat kita adalah Maulid Diba'.

Prosa yang sangat indah untuk menjunjung Nabi Muhammad Shalallahu alaih wasallam beserta orang-orang Sholeh yang tercantum dalam Maulid Diba' bisa menjadi nama alternatif buat buah hati.

Berikut adalah nama-nama yang bisa digunakan:

  1. Khoirul Anam خير الانام = Sebaik-baik manusia
  2. Aliyul Murtadlo عليّ المرتصى = Orang yang tinggi derajatnya dan yang diridhoi
  3. Shofil Mubarrod صافى المبرّد = Orang yang lembut dan menyejukkan
  4. Zainal Abidin زين العابدين = Sebaik-baik orang yang mengabdi/beribadah
  5. Ali Zainal Abidin على زين العبدين = Ali Sebaik-baik orang yang mengabdi/beribadah. Nama salah satu keturunan Nabi Muhammad
  6. Imam Al-Baqir الإمام الباقر= Nama keturunan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam
  7. Imam As-Shodiq الإمام الصادق = Nama keturunan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam
  8. Wajhas surur وجه السرور = Wajah yang bergembira
  9. Halimah حليمة Ibu susuan Nabi
  10. Habiburrahman حبيب الرحمن = Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam
  11. 'Atho' bin Yasar عطاء بن يسار. Nama Sahabat Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam
  12. Bahrul Ilmi Ad-dafiq بحر العلم الدافق= Sanjungan dan gelar Abdullah bin Abbas 
  13. Abdullah bin Abbas عبد الله بن عبّاس . Nama Sahabat Nabi. Perawi dalam bagian Al-haditsul awwal
  14. Ahsanan Nas أحسن الناس Sebaik-baik manusia, sanjungan untuk Baginda Muhammad Shalallahu alaihi wasallam
Tentu masih banyak nama-nama yang ada di dalam Kitab Maulid Diba'. Tidak semuanya kami sematkan, karena keterbatasan kami. Harapannya, sedikit rekomendasi nama ini bisa jadi doa  dan gambaran tauladan untuk anak-anak Anda kelak.

Wassalam

Intelektual Pergerakan

Followers

Translate

Copyright © BIOLOGI DAN KEHIDUPAN Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com